BAB VI
REPRESENTASI DAN ALUR PEMROSESAN DATA
6.1 Representasi Data
Represantasi data
merupakan cara bagaimana nilai dimasukkan ke komputer. Untuk memberi tanda
bilangan biner telah diperjanjikan yakni 0 untuk bilangan positif atau plus dan
1 untuk bilangan negatif atau minus. Pada bilangan biner n-bit, jika susunannya
dilengkapi dengan bit tanda, maka diperlukan register dengan panjang n+1 bit.
Dalam hal ini, n-bit digunakan untuk menyimpan bilangan biner itu sendiri dan
satu bit untuk tandanya. Pada representasi bilangan biner yang dilengkapai
dengan tanda bilangan, bit tanda ditempatkan pada posisi paling kiri atau
sebagai MSB. Untuk keperluan operasi aritmetika yang melibatkan bilangan biner
negatif, bilangan biner dapat direpresentasikan dalam beberapa cara yakni
dengan representasi besaran bertanda (signed-magnitude representation)
selanjutnya disingkat dengan SM, representasi komplemen pertama bertanda
(signed-1’s complement representation) disingkat dengan S1C, dan representasi
komplemen kedua bertanda (signed-2’s complement representation) disingkat S2C.
Berikut ini adalah contoh beberapa representasi bilangan biner untuk bilangan
heksadesimal +5 dan -5 serta +7 dan -7 Data ASCII mewakili karakter alfanumerik
dalam memori sistem komputer. Format Data yang digunakan adalah 7 bit, dimana
bit yang ke 8 digunakan untuk memuat parity. dalam komputer pribadi, kumpulan
karakter extended ASCII menggunakan kode 80 H-FF H. karakter extended ASCII
menyimpan huruf-huruf asing dan tanda baca, karakter greek (Yunani), karakter
matematika, karakter-karakter box drawing, dan karakter-karakter khusus
lainnya. Data ASCII dapat disimpan dalam memori menggunakan direktif khusus
program assembler yaitu Define Byte (DB) atau Byte. BCD(Binary Code Desimal)
Informasi BCD disimpan dalam bentuk packed atau unpacked. Data packed disimpan
dalam bentuk dua digit per byte, sedangkan data BCD unpacked disimpan satu
digit per byte. Rentang digit BCD antara 0000B sampai 1001B BCD unpacked sering
digunakan oleh keypad atau keyboard, sedangkan BCD Packed digunakan untuk
beberapa instruksi termasuk untuk penjumlahan dan pengurangan BCD dalam
kumpulan instruksi di CPU. Data ukuran byte disimpan dalam unsigned dan signed
integer(bilangan bulat tak bertanda dan bilangan bulat bertanda). Perbedaan
dalam bentuk ini adalah bobot dari posisi paling kiri. Untuk unsign integer
nilainya 128 dan untuk signed integer nilainya adalah -128. dalam format
signed, bit yang paling kiri adalah bit tanda bilangan. Kisaran dari unsigned
integer adalah 0 sampai 255, sedangkan signed integer berkisar antara -128
sampai +127. Bilangan negatif disajikan dalam bentuk ini, tetapi disimpan dalam
bentuk complement dua, seperti yang telah dijelaskan diatas. Data Ukuran Word,
satu ukuran word dibentuk oleh dua byte data. LSB selalu disimpan dalam lokasi
memori paling rendah, dan MSB disimpan yang paling tinggi. Metode untuk
penyimpanan ini disebut dengan format little endian. Metode alternatif disebut
format big endian. Untuk menyimpan data ukuran word dalam memori, digunakan
direktif DW(Define Word). Namun biasanya data yang berukuran lebih dari 8 bit
disimpan menggunakan format little endian. Mengolah data komputer ada
rambu-rambunya. Prinsip paling dasar, tiap tipe data punya rentang nilai.
Misalnya saja: TIPE MINIMUM MAKSIMUM KETELITIAN
short int -128 +127 1
int -32768 +32766 1
long int 1
unsigned short 1
unsigned 1
unsigned long 1
float
Larangan paling dasar adalah
Jangan sampai mengisikan nilai di luar batas MINIMUM –
MAKSIMUM.
Jangan simpan bilangan teliti (significant) lebih kecil dari
KETELITIAN.
6.2 Hubungan Data
dengan
Komputer
Data dan komputer adalah dua hal yang saling berhubungan. Tugas
komputer untuk mengambil data yang berkaitan dengan mengelola dalam
beberapa cara. Di masa lalu, komputer ditangani hampir secara eksklusif dengan
data numerik , tapi sekarang dengan komputer multimedia perangkat, berhubungan
dengan area yang luas dari kategori informasi. Komputer toko, sekarang, dan
membantu kita memodifikasi berbagai jenis data, termasuk Bilangan, Teks,
Audio, Gambar dan grafis, Video
Semua data ini
disimpan sebagai angka biner. Setiap dokumen, gambar, dan suara
direpresentasikan sebagai string dari 1s dan 0s. selain itu berkomunikasi
dengan komputer dan data dalam bahasa lisan atau tertulis.dengan mengubah data
ke bentuk yang lebih bisa siap diterima oleh mesin seperti :
1.
KARAKTER
Set huruf, digit
(angka), dan simbol lain digunakan untuk merepresentasikan item data → disebut
character set (set karakter).
Ex:
Tombol space bar
dan tombol delete pada keyboard dianggap sebagai bagian dari set karakter dan
direpresentasikan dengan “space” dan “del”.
Bits & Bytes
a)
Bagian data
terkecil disebut dengan Bit yang mempunyai nilai; 1 & 0.
b)
Komputer bekerja
dengan koleksi bit tersebut yang digrupkan untuk mewakili sebuah simbol,
misalkan huruf dalam deretan alpabet.
c)
Delapan bit data
disebut satu Byte (1 byte = 1 bit).
d) Satu byte data cukup untuk mewakili satu tabel
alphanumeric character.
2. TRANSMISI KARAKTER
Ketika tombol (key) pada keyboard dari
perangkat input komputer ditekan, perangkat tersebut menghasilkan sinyal
elektris yang merepresentasikan karakter tombol ke komputer. Transmisi tersebut
melewati kabel dari perangkat tersebut ke komputer dan sinyal untuk setiap
karakter merupakan rangkaian pulsa elektris yang disebut pulse train.
Gambaran
sederhana dari data yang sedang ditransmisikan dari perangkat keyboard ke
komputer.
1. RINCIAN
PENTRANSMISIAN KODE
pulse train (rentetan pulsa) secara lebih
rinci. Gambar Rincian transmisi tak-sinkron dari karakter ASCII “T”. Rentetan
pulsa terdiri atas sepuluh pulsa yang berada dalam rangkaian, dimana masing-masing
berada pada tingkat tinggi atau tingkat rendah. Dua tingkat ini berturut-turut
direpresentasikan dengan 1-an dan 0-an. BIT. Sistem
perepresentasian tingkatan pulsa dengan simbol "0" dan "1"
sama dengan sistem perepresentasian bilangan yang disebut binary number system
(sistem bilangan biner). Sistem bilangan biner juga hanya menggunakan dua
simbol "0" dan "1". Perlu diingat bahwa Binary diglTS
disebut BITS dan perlu dicatat bahwa pulsa pada direpresentasikan dengan sepuluh
bits, yang dilabeli dengan Bit 0 sampai Bit 9.
Character Codes
(kode karakter). Kombinasi biasa dari 0-an dan 1-an digunakan untuk bit 1
sampai 7 yang telah dipilih untuk merepresentasikan karakter "T".
Jadi, kita memiliki "7-bit code yang merepresentasikan karakter
"T".
ASCII. Kode
7-bit yang baru dideskripsikan sesuai dengan suatu standart yang disebut ASCII.
ASCII kependekan dari American Standard Code for Information Interchange. Kode
ASCII banyak digunakan di kalangan industri komputer. Set karakter ASCII.
2.
START BITS DAN STOP
BITS
Bit 0
disebut "start bit". la merupakan bit pertama dalam rentetan
pulsa yang akan ditransmisikan. Tujuannya adalah untuk menandai awal
pentransmisian karakter ke receiver atau penerima (dalam hal ini komputer). Bit
9, yakni "stop bit", menandai akhir dari pentransmisian.Start bit dan
stop bit selalu merupakan polaritas yang berlawanan (yakni. jika salah satu
adalah 1, maka yang lain adalah 0), sehingga perubahan tingkal pulsa akan
terjadi ketika start bit ditransmisikan. Pada beberapa sistem digunakan dua
stop bit.
1.
Fungsi Representasi data dan data compression
Representasi data dan data compression berfungsi untuk
mengurangi jumlah ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan sejumlah
data. Dulu hanya bisa menyimpan data yang berukuran kecil
sekarang bisa menyimpan data yang berukuran besar. Ada Web dan jaringan yang
membantu dan mendasarinya dengan memiliki bandwidth yang memembatasi
jumlah maksimum bit /byte yang dapat ditransmisikan. Sebuah
teknik kompresi data dapat menginformasikan yaitu
Informasi
Analog dan digital
Komputer memiliki ruang yang terbatas. Memori komputer
dan lainnya perangkat keras memiliki ruang banyak untuk menyimpan dan
memanipulasi jumlah data tertentu. Informasi dapat diwakili dalam salah satu
dari dua cara:
a. Data analog adalah representasi terus menerus, analog
dengan information yang dihapus.
b. Data
digital adalah representasi diskrit,informasi menjadi unsur yang terpisah.
Contoh Termometer merkuri adalah perangkat analog. Merkuri meningkat dalam aliran
terus menerus dalam tabung dalam proporsi langsung dengan suhu.
6.3 Proses Representasi Data dalam sistem komputer
Informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi sebagai
produk keluaran. Secara
umum, data yang dimasukkan seorang user ke dalam komputer
diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu:
1. Angka ® disebut dengan
alphanumerik, misalkan: -2, 0.5, -9.72, 89, dsb.
2. Karakter (huruf) ® disebut
dengan alphabetikal, yakni terdiri 26 mulai dari a, b, c,
..., w, x, y, z.
3. Simbol ® sejumlah tanda di luar
alphanumerik dan alphabetikal, misalkan: !, *, $, >, ≠, ≥, ÷, §, Å. Umumnya dalam sistem komputer modern sistem
kode yang digunakan adalah American Standard Code for Information
Interchange (ASCII) 8bit.
A. Pemrosesan data
Pemrosesan data (data processing) adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah, data ini biasanya
mempunyai nilai yang informatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir
dan rapi, maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai sistem informasi. Kedua istilah ini mempunyai arti yang hampir sama, pemrosesan data mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi
informasi (hasil pengolahan), sedangkan sistem informasi memakai data sebagai bahan masukan dan
menghasilkan informasi sebagai produk keluaran.
1. Alur
pemprosesan data pada komputer
Arsitektur computer, sampai
saat ini komputer sudah mengalami perubahan dari model awalnya, walaupun begitu
semua komputer memiliki arsitektur dasar yang sama. Skema komputer (computer schema), adalah diagram yang
menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer.
Control unit
Aritmathic logical unit
primary storage
Data input
Data output
Secondary storage
CENTRAL PROCESSOR UNIT
skema computer
1. Unit Input, memasukkan
data ke dalam primary storage.
2. Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit
sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output.
· Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang
diolah dan program.
· Control unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama
sebagai suatu sistem
· Arithmatika and logical Unit , tempat berlangsungkan operasi
perhitungan matematika dan logika.
3. Secondary storage
(penyimpanan sekunder),
menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.
4. Unit Output, mencatat hasil pengolahan dari proses brupa
gambar, suara, cetakan.
Sistem komputer memiliki siklus pengolahan yang pasti. Siklus
pengolahan itu sendiri mengacu kepada makna dari arti komputer itu sendiri. Ada
tiga pokok dalam siklus pengolahan data dengan menggunakan komputer tersebut,
yaitu input, proses, dan output. Sedangkan untuk proses sendiri, pemroses
dibantu oleh beberapa bagian lain, yaitu program serta penyimpan (storage).
Input Merupakan aktifitas pemberian data kepada komputer, dimana data tersebut
merupakan masukan bagi komputer. Agar data dapat diterima oleh komputer dengan
baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut
dengan input device . Pada komputer,
input device ini juga bermacam-macam, tergantung bagaimana proses input
tersebut dilaksanakan. Bermacam-macam input device yang digunakan oleh
komputer, contohnya adalah keyboard untuk mengetikkan informasi, pembaca kode
batang pada transaksi di supermarket, kamera untuk menangkap gambar, dan lain
sebagainya. Masukan yang didapatkan oleh input device tersebut informasinya
dikirimkan ke pemroses (otaknya komputer) untuk diproses lebih lanjut,
diabaikan atau informasi tersebut disimpan dalam media penyimpanan. Proses
Setiap masukan yang disampaikan kepada komputer akan masuk ke pemroses,
pemroses ini dikenal juga dengan nama processor . Pemroses ini bisa disebut
dengan otaknya komputer. Pemroses ini akan menentukan akan diapakan informasi
yang masuk tersebut. Jika diolah lebih lanjut, maka data tersebut diolah sesuai
dengan ketentuan yang telah disusun sedemikian kedalam otak komputer. Ketentuan
yang telah disusun ini adalah instruction set. Instruction set ini merupakan
format baku perintah yang dapat dilaksanakan oleh pemroses. Pemroses memiliki
hubungan dengan media input, program, storage serta media output. Masing-masing
akan dikontak oleh pemroses sesuai dengan tugasnya masing-masing. Pemroses ini
hanya berfungsi untuk menjalankan perintah yang diterimanya dari program.
Tindak lanjut dari masing-masing perintah, katakanlah menampilkan data terebut
ke monitor atau ke printer, maka pemroses akan mengirimkan lagi hasil olahannya
ke media yang dituju. Dengan mengirimkan data ke media yang dituju, maka
berarti pemroses menyerahkan tugasnya kepada media tersebut sambil mengirimkan
data-data yang diperlukan oleh media yang dituju serta instruksi yang diminta
untuk dilaksanakan oleh media yang dituju itu tadi. Bus Bus merupakan jalur
penghubung antar alat pada komputer yang digunakan sebagai media dalam proses
melewatkan data pada suatu proses. Bus ini bisa dianggap sebagai sebuah pipa,
dimana pipa atau saluran tersebut digunakan untuk mengirimkan dan menerima
informasi antar alat yang dihubungkannya. Pada sistem komputer, bus ini
termasuk perangkat internal, kecepatan pengiriman informasi melalui bus ini dilakukan
dengan kecepatan tinggi. Program Program merupakan kumpulan instruction set
yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa software. Bagaimana sebuah
sistem komputer berpikir diatur oleh program ini. Program inilah yang
mengendalikan semua aktifitas yang ada pada pemroses. Program berisi konstruksi
logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin
sesuai dengan format yang ada pada instruction set. Storage Dalam menjalankan
proses, selain proses diatur oleh program, pemroses juga memiliki akses ke
media penyimpan yang disebut dengan storage. Storage ini berfungsi untuk
menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi pemroses,
baik untuk penyimpan sementara maupun untuk jangka panjang. Pemroses melakukan
tugasnya sesuai dengan kendali yang ada pada program. Proses untuk mengambil
data atau menyimpan data pada storage ini dilaksanakan oleh pemroses sesuai
dengan perintah yang diterima pemroses dari program yang sedang ia jalankan.
Output Merupakan aktifitas menerima data dari hasil pengolahan pada bagian
pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output ini, berarti pemroses
menyerakan tugas selanjutnya kepada bagian ini. Tentu saja pada bagian ini
diperlukan juga peralatan yang bekerja, dimana peralatan terebut disebut dengan
output device. Pada komputer contoh
output device ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses
diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari pemroses
tadi.
2.
Cara Pengolahan Data
Ø Memori
Di
sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel"
atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil
informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada
komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan
komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu,
dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah. Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner.
Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan
sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan
angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau
angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih
kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai
macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah
byte. Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih
jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat
ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat
dihapus. Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel,
berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan
memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang
diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk,
sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan
jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Ø Pemrosesan (CPU)
Unit Pengolah Pusat atau
CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiriman dan meneruskan informasi. Unit atau peranti pemprosesan juga akan
berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan
arahan-arahan berkaitan. Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array
(BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya. Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit
Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern,
kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit),
yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah
alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,
pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan
perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).
Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata. Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh
komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi
(dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan
kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol
pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali
kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer
bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
Ø Input dan Output
I/O membolehkan komputer
mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana,
dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam
alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak
biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya. Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka
meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa
diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data
ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian
ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Ø Intruksi
Perintah yang dibicarakan
di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam
jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa
yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat
tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat
akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah
berikutnya anda di sel 345". Instruksi diwakili dalam
komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001,
misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu
diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak
menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai
bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke
dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter
dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa
mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti
Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan
sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi).
Ø Arsitektur
Komputer kontemporer
menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai
Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas
beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian
besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk
menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O. Beberapa
komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka
mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih
lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian
dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas,
tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial. Fungsi dari komputer
secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data
dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya
dicapai. Prosedur ini berulang
sampai komputer dimatikan.
Ø Program
Program komputer adalah
daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di
dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari
perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum
(pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik.
Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk
melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana
yang diatur oleh orang pandai, "programmer." "Programmer Baik
memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar
titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada
programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan
beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking.
Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah
beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya.
Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu
(time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara
bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana
film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah
program yang biasanya menguasai kali ini membagikan.
Ø Sistem operasi
Sistem operasi ialah
semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer
dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah
bertahun-tahun, programer akhirnya memindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi,
menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti
memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis
kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk
menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat
elektronik yang terhubung.
3.
Kecepatan proses :
– Clock : Hertz
– Siklus mesin :Fetch, decode, execute
– MIPS (Millions of Instructions Per Second)
– MFLOATS (Millions of Floating point Per Second)
6.4 Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Proses
1. Register
Sejumlah
area memori kecil yang digunakan untuk menyimpan instruksi selama proses berlangsung.Ukuran dari register (work size) sesuai
dengan jumlah data yang bisa diproses dalam satu satuan
waktu. Dan PC register saat ini 32 bit, artinya komputer
mampu untuk memproses 4 byte data sekali jalan, register akan terus berkembang ke 64 bit
2. RAM
Ukuran RAM berpengaruh langsung pada speed. Semakin besar ukuran RAM pada PC akan semaki
banyak data disimpan di memori. Jika aplikasi tidak cukup di load ke memori,
maka secara bergantian dipindahkan ke secondary storage proses ini
disebut swapping.
3. The
System Clock
Satu
“Tick” dari clock dibutuhkan untuk merubah transistor dari On ke Off disebut
dengan Clock Cycle Clock
Cycle ukuran dalam Hertz (Hz) untuk mengukur Cycle per second. Jika PC mempunyai
kecepatan 300 Mhz, then its system clock “ticks” 300 milion times every
second. Jika lebih cepat PC Clock
berjalan, maka semakin banyak perintah-perintah yang dieksekusi
4. The
Bus
Sebuah
path diantara komponen dan komputer setiap data yang dikirimkan antar komponen melewati
path. Lebar Bus data menentukan seberapa banyak
data ditransmisikan diantara CUP dan devicelain Peripheral devices are
connected to the CPU by an expansion bus.
5. Chace Memory
Memory kecepatan tinggi untuk menyimpan
instruksi yang akan dieksekusi oleh CPU
Lokasi Chace langsung pada CPU diantara CPU dengan RAM sehingga
lebih cepatdibandingkan dengan RAM. CPU
Resident chace is called level-1(L1) chace. External chace is called level-2
(L2) chace. Kapasiatas Chace
memory sangat berpengaruh pada kecepatan komputer.
No comments:
Post a Comment