Heartless Background Teknik Informatika: Arsitektur Komputer Wavy Tail Heartless Background Heartless Background

Friday, October 19, 2018

Arsitektur Komputer


BAB VII
ARSITEKTUR KOMPUTER

7.1 Pengertian

        Organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputerdan hubungan antara komponen sistem komputer,contoh : sinyal kontrol, prosesor, interface komputer dan peripheral, teknologi memori yang digunakan.Arsitektur komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program, contoh : setinstruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data (misal bilangan, karakter), aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi. Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda.

7.2 Komputer Sebagai Mesin Multi Level

      Level adalah suatu tingkatan bahasa dan mesin virtual yang mencerminkan tingkat kemudahan komunikasi antara manusia sebagai pemrogram dengan komponen sirkuit elektronik dalam sebuah komputer sebagai pelaksana instruksi sebuah pemrograman.
1.Level device, yaitu level dalam lingkup rekayasa elektronik. Program yang ada pada level ini adalah bahasa mesin L0 yang dapat dijalankan langsung oleh sirkuit elektronik
2.Merupakan mesin virtual M1 dengan bahasa mesin L1. Bahasa ini tidak dapat
   langsung diterima oleh sirkuit elektronik, tetapi diterjemahkan dulu oleh
   interpreter ke bahasa mesin L0.
3.Merupakan mesin virtual M2 dengan bahasa mesin L2. Bahasa ini tidak dapat
   langsung diterima oleh sirkuit elektronik, tetapi diterjemahkan dulu oleh
   interpreter ke bahasa mesin L1.
4.Merupakan mesin virtual Mn dengan bahasa mesin Ln. Bahasa ini tidak dapat
   langsung diterima oleh sirkuit elektronik, tetapi diterjemahkan dulu oleh
   interpreter ke bahasa mesin pada tingkatan dibawahnya.
Bahasa atau level yang terletak paling bawah adalah yang paling sederhana dan dapat diproses
dengan cepat oleh mesin komputer, tetapi sulit untuk dipahami oleh manusia.
Bahasa atau level yang paling atas adalah yang paling rumit dan mesin akan lebih lama
melakukan proses instruksinya karena memerlukan interpreter, tetapi manusia lebih mudah
memahami bahasa level tersebut.


5.      Level 5 ini programmer yang memberikan instruksi pada komputer tidak perlu
      susah-susah belajar mesin karena bahasa yang dipakai adalah bahasa tingkat
      tinggi yang lebih mudah dipahami manusia
6.      Pada level 0 sampai 3 implementasinya dikerjakan oleh programmer sistem,
      mulai level 4 dilakukan oleh programmer aplikasi.
7.      Level 3 merupakan level pengaturan mesin yang dilakukan oleh sebuah
      software sistem operasi. Dalam level ini pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan
      oleh mesin diinterpretasikan secara parsial oleh sistem operasi.
8.      Level 2 = level ISA (Instruction Set Architecture) yang berisi instruksi-instruksi
      dasar sebuah mesin. Biasanya terdapat pada manual book dari produk
      komputer suatu pabrik
9.      Level 1 terdapat rangkaian dasar sebuah prosesor yang disebut ALU (Arithmetic
      Logic Unit) dan sekumpulan register yang mampu melakukan operasi-operasi
      logika aritmatika. Terdapat juga program mikro sebagai pengendali dan
      berfungsi sebagai interpreter/penerjemah untuk instruksi-instruksi dari level di
      atasnya.
10.     Level 0 berisi logika-logika yang diwujudkan dalam bentuk logika gerbang,
      merupakan hardware sesungguhnya dari sebuah mesin. Logika digital dibentuk
      dalam suatu komponen analog seperti misalnya transistor ,dsb.
Pada level 1 – 3 merupakan bahasa mesin bersifat numerik. Program-program didalamnya terdiri dari deretan angka yang panjang, yang tidak menjadi masalah untuk mesin tapi merupakan persoalan untuk manusia. Mulai pada level 4 bahasa berisi kata/singkatan yang mempunyai arti bagi manusia. Komputer dirancang sebagai suatu rangkaian level, dimana setiap level dibangun diatas level sebelumnya. Setiap level memiliki abstraksi berbeda, dengan objek-objek dan operasi yang juga berbeda.

7.3 Evolusi Komputer Menurut Generasinya

                    Sejak dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bias mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan.Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
1.         Alat Hitung Tradisional
              Yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak.Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.Seiring dengan munculnya pensil dan kertas,terutama di Eropa,abacus kehilangan popularitasnya. Pada masa berikutnya,beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya.Vannevar Bush (1890-1974)membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi.Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.
2.      Komputer Generasi Pertama
              Komputer Generasi Pertama Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
3.      Komputer Generasi Kedua
              Komputer generasi kedua pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio,dan komputer.Akibatnya,ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.
4.      Komputer Generasi Ketiga
              Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponenkomponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.
5.      Komputer Generasi Keempat
                    Setelah IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen- komponen elektrik.Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486,Pentium,Pentium II,Pentium III,Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6,Athlon, dsb.Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja,cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan.Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak,informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
6.      Komputer Generasi Kelima
              Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda.Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
7.      Komputer Generasi Keenam
              Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan.Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat,mendengar,berbicara,dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.

7.4 Pengenalan Arsitektur Komputer

1.   Tipe Komputer
            Suatu komputer kontemporer adalah mesin hitung elektronik cepat yang menerima informasi input terdigitalisasi, mengolahnya sesuai dengan daftar instruksi yang tersimpan secara internal dan memberikan informasi output hasil. Daftar instruksi itu disebut program komputer, dan penyimpanan internalnya disebut memori komputer. Terdapat banyak tipe komputer yang sangat bervariasi. Komputer yang paling umum dari komputer desktop adalah personal computer. Workstation dengan kemampuan input/output grafts resolusi tinggi, sekalipun masih tetap memakai dimensi komputer desktop, namun memiliki daya komputasi yang lebih signifikan daripada personal computer. Workstation seringkali digunakan dalam aplikasi engineering, terutama untuk pekerjaan desain interaktif. Supercomputer digunakan untuk perhitungan numerik skala besar seperti perkiraan cuaca dan desain dan simulasi pesawat terbang. Dalam sistem enterprise, server, dan superkomputer, unit fungsionalnya, yang meliputi banyak prosesor, dapat terdiri dari sejumlah unit besar dan seringkali terpisah.
2.   Fungsional
            Suatu komputer terdiri dari lima bagian utama yang mandiri secara fungsional : Unit input, memori, aritmatika dan logika, output, dan kontrol. Unit input Menerima informasi terkode dari operator manusia. Informasi yang diterima disimpan dalam memori komputer untuk referensi selanjutnya sesuai dengan yang diinginkan. Akhirnya, hasil dikirim kembali melalui unit output. Daftar instruksi yang melakukan suatu tugas disebut program. Biasanya program tersebut disimpan dalam memori. Data adalah angka dan karakter ter–encode yang digunakan sebagai operand oleh instruksi. Namun lebih sering digunakan untuk menyebut informasi digital. Informasi yang ditangani komputer harus diencode dalam format yang sesuai. Kebanyakan hardware saat ini menggunakan sirkuit digital yang hanya memiliki dua kondisi stabil, ON dan OFF. Tiap karakter di – encode sebagai string bitter (bit). Kadang–kadang digunakan format BCD dimana tiap digit desimal diencode menjadi 4 bit. Karakter alfanumerik telah dikembangkan menjadi beberapa skema pengkodean dan Yang paling sering digunakan adalah ASCII (7 bit) dan EBCDIC (8 bit).
3.   Unit Input
            Komputer menerima informasi terkodekan melalui unit input, yang membaca data tersebut. Peralatan input yang paling terkenal adalah keyboard. Kapanpun suatu tombol ditekan, huruf atau digit yang sesuai secara otomatis ditranslasikankan menjadi kode biner yang tepat dan ditransmisikan melalui suatu kabel ke memori atau ke prosesor. Tersedia banyak jenis peralatan input lain, termasuk joystick, trackball, dan mouse. Peralatan tersebut seringkali digunakan sebagai peralatan input grafik dalam hubungan dengan display. Mikrofon dapat digunakan untuk menangkap Input audio yang kemudian disample dan dikonversi menjadi kode digital untuk Penyimpanan dan pengolahan.
4.   Fungsi Unit
            Fungsi unit memori adalah untuk menyimpan program dan data. Terdapat dua kelas penyimpanan, primer dan sekunder. Penyimpanan primer adalah memori cepat yang beroperasi pada kecepatan elektronik. Program harus disimpan dalam memori tersebut pada saat dieksekusi. Sel–sel tersebut jarang dibaca atau ditulis sebagai sel individual tetapi sebaliknya diolah dalam kelompok dengan ukuran tetap yang disebut word. Memori tersebut terorganisasi sedemikian sehingga isi satu word, yang terdiri dari n bit, dapat disimpan atau diambil dalam satu operasi dasar. Panjang word biasanya berkisar dari 16 hingga 64 bit. Memori yang tiap lokasinya dapat dicapai dalam waktu cepat dan tertentu setelah ditetapkan alamatnya disebut random access memory (RAM). Waktu Yang diperlukan untuk mengakses satu word disebut memory access time (waktu akses memori). Biasanya berkisar dari beberapa nanosecond (ns) hingga sekitar 100 ns untuk unit RAM modern. Unit RAM yang cepat dan kecil disebut cache. Penyimpanan primer cenderung mahal. Jadi penyimpanan sekunder tambahan yang lebih murah lebih banyak digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Terdapat banyak pilihan peralatan penyimpanan sekunder, salah satunya CDROM.
5.   Unit Aritmatika Dan Logika
            Kebanyakan operasi komputer dieksekusi dalam unit aritmatika dan logika (ALU:arithme~o and logic unit) pada prosesor. Operasi aritmatika diawali dengan membawa operand yang diperlukan ke prosesor, di mana operasi tersebut dilakukan oleh ALU. Pada saat operand dibawa ke prosesor, operand tersebut disimpan dalam elemen Penyimpanan kecepatan tinggi yang disebut register. Tiap register dapat menyimpan satu word data. Waktu akses ke register lebih cepat daripada waktu akses ke unit cache tercepat dalam hierarki memori. Unit kontrol dan unit aritmatika dan logika jauh lebih cepat daripada peralatan lain yang terhubung ke sistem komputer. Jadi memungkinkan satu prosesor tunggal mengendalikan sejumlah peralatan eksternal seperti keyboard, display, disk magnetik dan optikal, sensor, dan kontroler mekanik.
6.   Unit Output
                  Unit output adalah pasangan unit input. Fungsinya untuk mengirimkan hasil yang telah diproses ke dunia luar. Contoh yang paling umum dari peralatan tersebut adalah printer. Printer menggunakan mechanical head impact, inkjet stream, atau teknik fotokopi, seperti dalam printer laser. untuk melakukan pencetakan. Sangat mungkin untuk menghasilkan tinta yang dapat mencetak sebanyak 10.000 baris per menit. Kecepatan ini luar biasa untuk peralatan mekanik Tetapi masih sangat lambat jika dibandingkan dengan kecepatan elektron pada unit prosesor. Beberapa unit, seperti display grafik, menyediakau fungsi output dan fungsi input. Peranar ganda unit tersebut merupakan alasan penggunaan istilah tunggal unit I/O dalam banyak hal.
7.   Unit Kontrol
                  Unit memori, aritmatika dan logika, dan input dan output menyimpan dan mengolah informasi dan melakukan operasi input dan output. Operasi unitunit tersebut harus dikoordinasi dengan beberapa cara. Kooordinasi adalah tugas dari unit kontrol. Transfer I/O yang terdiri dari operasi input dan output, dikontrol oleh instruksi program I/O yang mengidentifikasi peralatan yang terlibat dan informasi yang ditransfer. Transfer data antara proses set dan memori juga dikontrol oleh unit kontrol melalui sinyal timing. Sinyal timim adalah sinyal yang menentukan kapan suatu aksi tertentu dilakukan. Operasi suatu komputer dapat diringkas sebagai berikut: q Komputer menerima informasi dalam bentuk program dan data melalui unit input dan menyimpannya dalam memori. q Informasi yang disimpan dalam memori diambil, di bawah kontrol program, ke unit aritmatika dan logika, di mana informasi tersebut diproses. q Informasi yang terproses meninggalkan komputer melalui unit output. q Semua kegiatan di dalam mesin tersebut diarahkan oleh unit kontrol.
8.   Struktur Bus
            Struktur bus adalah sekelompok jalur yang berfungsi sebagai jalan penghubung dari beberapa peralatan yang digunakan untuk mentransfer bit secara paralel dalam menjalan operasi komputer. Karena bus tersebut hanya dapat digunakan untuk satu transfer pada satu waktu, maka hanya dua unit yang dapat secara aktif menggunakan bus tersebut pada tiap waktu tertentu. Sifat utama struktur bus tunggal adalah biaya rendah dan fleksibilitasnya pada pemasangan peralatan periferal.
9.   Software
           Software sistem adalah kumpulan program yang dieksekusi seperlunya untuk menjalankan fungsi seperti : q Menerima dan menginterpretasikan perintah user. q Memasukkan dan mengedit program aplikasi dan rnenyimpannya. q Mengatur penyimpanan dan pengambilan file dalam penyimpanan sekunder. q Menjalankan program aplikasi standar seperti word processor, spreadsheet, atau game, dengan data yang disediakan oleh user. q Mengontrol unit I/O untuk menerima input dan menghasilkan output. q Mentranslasikan program dari bentuk source yang disediakan oleh user menjadi bentuk objek yang berisi instruksi mesin. q Menghubungkan dan menjalankan program aplikasi userwritten dengan rutin library standar yang ada. Program aplikasi biasanya ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti C, C++, Java, atau Fortran, di mana programer yang menentukan operasi matematis atau pengolahan teksnya. Komponen software yang paling utama adalah sistem operasi (OS : Operating System). Ini adalah program yang besar, atau sebenarnya kumpulan rutin, yang digunakan untuk mengontrol pembagian dan interaksi di antara berbagai unit komputer pada saat mereka mengeksekusi program aplikasi. Rutin OS menjalankan tugas yang diperlukan untuk menetapkan resource komputer bagi program aplikasi individu. Tugas-tugas tersebut termasuk menetapkan ruang memori dan disk magnetik untuk program dan file data. Garis besar sistem oprasi daasar adalah sebagai berikut, langkah pertama adalah mentransfer file tersebut ke dalam memori. Setelah transfer selesai, eksekusi program dimulai. Pada saat eksekusi program mencapai titik dimana file data dipelukan, maka program meminta sistem operasi untuk mentransfer file data dari disk ke memori. OS menjalankan tugas ini dan mengembalikan kontrol eksekusi ke program aplikasi, yang kemudian melanjutkan melakukan komputasi yang diminta. Pada saat komputasi telah selesai dan hasilnya telah siap dioutputkan.


10.  Performa
            Pengukuran performa komputer yang paling penting adalah seberapa cepat komputer tersebut dapat mengeksekusi program. Kecepatan komputer mengeksekusi program dipengaruhi oleh desain hardware dan instruksi bahasa mesinnya. Performa juga dipengaruhi oleh compiler yang mentranslasikan program ke dalam bahasa mesin. Untuk performa terbaik, desain compiler, set instruksi mesin, dan hardware harus secara terkoordinasi. Untuk eksekusi program tergantung pada semua unit dalam sistem komputer, maka waktu prosesor tergantung pada hardware yang terlibat dalam eksekusi instruksi mesin individu. Hardware tersebut meliputi prosesor dan memori. Pada awal eksekusi, semua instruksi program dan data yang diperlukan disimpan di memori utama. Selama eksekusi berjalan, instruksi diambil satu demi satu melalui bus ke dalam prosesor, dan copyannya diletakkan di cache. Selanjutnya, jika instruksi atau item data yang sama diperlukan untuk kedua kalinya, maka akan langsung dibaca dari cache. Suatu program akan dieksekusi lebih cepat jika perpindahan instruksi dan data antara memori utama dan prosesor diminimalisasi, yang dicapai dengan menggunakan cache.
11.  Clock Prosessor
Sirkuit prosesor dikontrol oleh sinyal timing yang disebut clock. Clock menetapkan interval, waktu reguler, yang disebut siklus clock. Untuk mengeksekusi instruksi mesin, prosesor membagi tindakan yang akan dilakukan ke dalam rangkaian langkah dasar, sehingga tiap langkah dapat diselesaikan dalam satu siklus clock. Panjang P dari satu siklus clock adalah parameter penting yang mempengaruhi performa prosesor. Kebalikannya adalah clock rate, R= 1/P, yang diukur dalam siklus per detik. Prosesor yang digunakan dalam personal computer dan Workstation saat ini memiliki clock rate yang berada dalam rentang beberapa ratus juta hingga lebih dari milyaran siklus per detik. Dalam terminologi teknik elektro standar, istilah "siklus per detik" disebut hertz (Hz). Istilah "juta“ ditunjukkan oleh awalan Mega (M). Dan "milyar'dtunjukkan oleh awalan Giga(G). Karena itu 500 juta siklus per detik biasanya disingkat menjad 500 Megahertz (MHz), dan 1250 juta siklus per detik disingkat menjadi 1,25 Gigahertz (GHZ). Periode clock yang sesuai masingmasing adalah 2 dan 0,8 nanosecond (ns).
12.   Persamaan Performa Dasar
Misalkan T adalah waktu prosesor yang diperlukan untuk mengeksekusi suatu program yang telah dipersiapkan dalam beberapa bahasa tingkat tinggi. Asumsikan bahwa eksekusi lengkap dari program memerlukan N instruksi bahasa mesin. Jumlah N adalah jumlah aktual eksekusi instruksi, misalkan Jumlah langkah dasar rata-rata yang diperlukan untuk mengeksekusi satu instruksi mesin adalah S, di mana tiap langkah dasar diselesaikan dalam satu siklus clock. Jika clock rate adalah R siklus per detik, maka waktu eksekusi program dinyatakan sebagai berikut :  T = N X S / R Untuk mencapai performa tinggi, desainer komputer harus mencari cara untuk mengurangi nilai T, yang berarti mengurangi N dan S, dan meningkatkan R. Nilai N berkurang jika program source dikompilasi menjadi instruksi mesin yang lebih sedikit. Nilai S berkurang jika instruksi memiliki jumlah langkah dasar yang lebih kecil untuk dilaksanakan atau jika eksekusi instruksi ditumpangtindihkan.
13.  Operasi Pipelining Dan Superscalar
 Peningkatan yang substansial pada performa dapat dicapai dengan menumpang tindihkan eksekusi instruksi yang berurutan, menggunakan teknik yang disebut pipelining. Pada kasus ideal, jika semua instruksi ditumpangtindihkan ke derajat maksimum yang mungkin, maka eksekusi dilanjutkan pada kecepatan penyelesaian satu instruksi dalam tiap siklus clock. Instruksi individual masih memerlukan beberapa siklus clock untuk penyelesaian. Derajat konkurensi yang lebih tinggi dapat dicapai jika banyak pipeline instruksi diterapkan pada prosesor. Hal ini berarti digunakannya banyak unit fungsional, menciptakan jalur paralel di mana berbagai instruksi yang berbeda dapat dieksekusi secara paralel. Dengan pengaturan tersebut, maka dimungkinkan untuk memulai beberapa instruksi pada tiap siklus clock. Mode operasi ini disebut eksekusi superscalar. Tentu saja, eksekusi paralel harus mempertahankan kebenaran logika program, sehingga hasil yang diperoleh harus sama dengan hasil dari eksekusi serial instruksi program. Banyak dari prosesor performa tinggi saat ini didesain untuk bekerja dengan cara tersebut.
14.  Clock Rate
            Terdapat dua kemungkinan untuk meningkatkan clock rate, R. Pertama, meningkatkan teknologi integrated-circuit (IC) menjadikan sirkuit logika yang lebih cepat, sehingga mengurangi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu langkah dasar. Hal ini memungkinkan periode clock, P, dikurangi dan clock rate, R, ditingkatkan. Kedua, mengurangi periode clock, P. Akan tetapi jika tindakan yang harus dilakukan oleh suatu instruksi tetap sama, maka jumlah langkah dasar yang diperlukan dapat bertambah. Peningkatan nilai R yang sepenuhnya disebabkan oleh peningkatan teknologi IC mempengaruhi secara seimbang seluruh aspek operasi prosesor dengan pengecualian pada waktu yang diperlukan untuk mengakses memori utama. Dengan adanya cache, persentase akses ke memori utama menjadi kecil. Karena itu kebanyakan peningkatan performa yang diharapkan dari penggunaan teknologi yang lebih cepat dapat direalisasikan. Nilai T akan berkurang dengan faktor yang sama dengan peningkatan nilai R karena S dan N tidak terpengaruh. Pengaruh pada performa dari perubahan cara pembagian instruksi menjadi langkah dasar lebih sulit untuk diperkirakan.
15.  Set Instruksi : Cisc Dan Risc
            Instruksi sederhana memerlukan eksekusi sejumlah kecil langkah dasar. Instruksi kompleks melibatkan sejumlah besar langkah. Untuk prosesor yang hanya memiliki instruksi sederhana, sejumlah besar instruksi mungkin diperlukan untuk menjalankan suatu tugas pemrograman tertentu. Hal ini dapat menuju pada nilai N yang besar dan nilai S yang kecil. Sebaliknya, jika instruksi individu melaksanakan operasi yang lebih kompleks, maka diperlukan instruksi yang lebih sedikit, menuju pada nilai N yang lebih rendah dan nilai S yang lebih besar. Manfaat relatif prosesor dengan instruksi sederhana dan prosesor dengan instruksi yang lebih kompleks telah dipelajari secara luas. Pendahulunya Disebut Reduced Instruction Set Computers (RISC), dan yang terbaru disebut Complex Instruction Set Computers (CISC). Sekalipun menggunakan istilah RISC dan CISC agar kompatibel dengan deskripsi kontemporer.
16.  Compiler
            Compiler mentranslasikan bahasa pemrograman tingkat tinggi menjadi rangkaian instruksi mesin. Compiler dapat menata ulang instruksi program untuk mencapai performa yang lebih baik. Tentu saja, perubahan semacam itu tidak harus mempengaruhi hasil komputasi. Dari luar, compiler tampak sebagai entitas terpisah dari prosesor yang digunakannya dan mungkin bahkan berasal dari vendor yang berbeda. Akan tetapi, compiler kualitas tinggi harus dihubungkan dengan erat pada arsitektur prosesor. Compiler dan prosesor seringkali didesain pada waktu yang sama, dengan banyak interaksi antara desainer untuk mencapai hasil terbaik. Tujuan akhirnya adalah untuk mengurangi jumlah total siklus clock yang diperlukan untuk melakukan tugas pemrograman yang diminta.
17.  Pengukuran Performa
            Pengukuran perfoma adalah waktu yang diperlukan suatu komputer untuk mengeksekusi benchmark tertentu. Praktek yang diterima saat ini adalah menggunakan pilihan program aplikasi riil yang disetujui untuk mengevaluasi performa. Suatu organisasi nirlaba yang disebut System Performance Evaluation Corporation (SPEC) memilih dan mempublikasikan program aplikasi yang representatif untuk domain aplikasi yang berbeda. Program benchmark dikompilasi untuk computer under test, dan dilakukan pengukuran running timenya pada komputer riil. SPEC rating dihitung sebagai berikut : Keseluruhan SPEC rating untuk komputer tersebut dinyatakan Dimana n adalah jumlah program dalam kelompok tersebut. Karena waktu Eksekusi aktual adalah terukur, maka SPEC rating adalah ukuran dari efek gabungan semua faktor yang mempengaruhi performa, termasuk compiler, system operasi, prosessor, dan memori computer yang sedang diuji.
18.  Multiprosesor Dan Multikomputer
            Sistem komputer besar dapat berisi sejumlah unit prosesor, yang disebut sistem multiprosesor. Sistem tersebut mengeksekusi sejumlah tugas eksekusi yang berbeda dan sub tugas dari suatu tugas besar tunggal secara paralel. Semua prosesor biasanya memiliki akses ke semua memori dalam sistem semacam itu, dan istilah sistem multiprosesor sharedmemory sering digunakan untuk memperjelas sistem ini. Performa tinggi sistem tersebut muncul bersama dengan peningkatan kompleksitas dan biaya. Selain banyak prosesor dan unit memori, biaya meningkat krn adanya kebutuhan jaringan interkoneksi yang lebih kompleks Berbeda dengan sistem multiprosesor, dimungkinkan penggunaan kelompok komputer lengkap yang terinterkoneksi untuk mencapai daya komputasi total yang tinggi. Komputer tersebut biasanya hanya memiliki akses ke unit memorinya sendiri. Pada saat tugas yang dieksekusinya perlu untuk mengkomunikasikan data, maka komputer tersebut melakukannya dengan mengirimkan pesan melalui jaringan komunikasi. Sifat ini membedakannya dari multiprosesor sharedmemory, dengan nama multikomputer messagepassing.





No comments:

Post a Comment

KONFIGURASI IP ADDRESS CLEAROS

A ssallamualaikum Wr. Wb. Hay Sobat semua, jumpa kembali dengan saya, disini saya akan berbagi tentang konfigurasi Database Server C...