SOFTWARE
2.1 Perangkat Lunak (Software)
Komputer merupakan mesin yang
memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer digunakan orang untuk
meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses
data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak. Bentuk terkecil dari
perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR,
>, <, =). Dari operasi dasar ini di susun program / perangkat lunak. Tingkat pemrosesan yang di kerjakan perangkat lunak
pun dari machine-like, mulai berubah seperti human-like. Di dalam teori
informasi, di susun hirarki informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah
proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi.
Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu
menjadi knowledge. Dan pada akhirnya gabungan knowledge yang di gabung dari
berbagai sisi guna membangun wisdom. Data yang di
proses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan
karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh
perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan format data digital
dengan satuan bit (binary digit).
2.2 Perkembangan Pembuatan Perangkat Lunak
Dari perkembangan perangkat lunak,
kita bisa membayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan
perangkat lunak. Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan
aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1
(benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan,
sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8
bit), word (2 byte), double word (32 bit). Kelompok-kelompok bit ini di susun
ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika,
operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai
assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan
untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup
membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat
tinggi yang seperti bahasa manusia (Bahasa Inggris). Saat ini pembuatan
perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks,
dengan uruta
2.3 Evolusi Perangkat Lunak
1.
Era
Pioner
Bentuk perangkat
lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam
komputer, gambar berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer.
Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu
yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung,
sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini,
perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan
komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer
berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris
instruksi yang secara berurutan di proses.
2.
Era
Stabil
Pada era stabil
penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti
dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan
perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan
beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi
satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak
(multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna
(multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal
sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang
di proses).
3.
Era
Mikro
Sejalan dengan
semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga
berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di
bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan
perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk
keperluan tertentu. Automatisasi yang ada didalam perangkat lunak mengarah ke
suatu jenis kecerdasan buatan.
4.
Era
Modern
Saat ini
perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah
supercomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di
lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya
komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan
microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan
itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada
suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak
bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak
orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu
dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak
pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang
mulai bisa mengenal suara dan gambar.
2.4 Klasifikasi
Perangkat Lunak
Perangkat lunak
secara umum dapat dibagi 2 yaitu perangkat lunak system dan perangkat
lunak aplikasi. Perngkat lunak system
dapat dibagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
1. Bahasa pemrograman : merupakan
perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di
rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa
pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
2. Sistem Operasi : saat komputer
pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan,
sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur
proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke
peralatan
yang bersesuaian, contoh sistem operasi
: DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
3. Utility : sistem operasi merupakan
perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat
keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak
fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah
Norton Utility.
Perangkat lunak
aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan
terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses
kata (Word Star, Chin Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database
(DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan
database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan
aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan
ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari
Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint
(presentasi). Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia
dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik
berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk
menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk
browsing, e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi yang bersifat khusus di
antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur),
Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi
persamaan matematis).
No comments:
Post a Comment