BAB II
JENIS KOMPUTER
2.1 Konsep Komputer
Kata “komputer”, memiliki banyak pendapat mengenai definisinya yang
nantinya berkembang pada definisi tentang sistem komputer, ilmu komputer, dan
teknologi Informasi, istilah dari komputer itu sendiri berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti “menghitung” (to compute atau reckon). Sebutan untuk Komputer dari berbagai negara:
Bahasa
Inggris 1646 à Computer (orang
yang menghitung)
Bahasa
Italia à Calculatore
(Kalkulator)
Bahasa Swedia à dator (data) à1950 matematicmaskin
2.2 Definisi
Komputer
Pandangan dari para ahli :
Menurut V.C. Hamacher dalam bukunya “Computer Organization”,
komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima
informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang
tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
Menurut Robert H. Blissmer (1985), dalam
bukunya “Computer Annual”, komputer adalah suatu alat elektonik yang
mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
a.
Menerima input
b.
Memproses input
tadi sesuai dengan programnya
c.
Menyimpan
perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
d.
Menyediakan
output dalam bentuk informasi.
Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk
memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar
secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan
menghasilkan output berdasarkan instruksi-isntruksi yang telah tersimpan dalam
memori.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang
yang perkerjaannya melakukan hitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. (Wikipedia).
Dari
definisi-definisi tersebut, maka dapat disimpulkan
bahwa:
Komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan
(input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan
keluaran (output) berupa informasi.
2.3 Jenis Komputer
1. Personal Computer (PC) / Komputer Pribadi
Personal komputer (PC) atau lebih dikenal dengan
komputetr pribadi adalah seperangkat komputer yang digunakan oleh satu orang
saja. Komputer jenis ini merupakan personal yang biasanya berada dilingkungan kamar,
toko, auat tempat lainnya. Fungsi personal komputer (PC) sama dengan komputer
umumnya, yang menjadi khas dengan personal komputer adalah digunakan secara
pribadi. Biasanya personal komputer digunakan seseorang untuk menyelesaikan
pekerjaan atau tugas atau untuk hiburan seperti gamming.
2. Workstation Computer / Komputer Kantoran
Workstation Computer adalah komputer yang memanfaatkan
jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau
komputer tersebut dengan server. Komputer jenis ini adalah komputer public dan
biasanya berada pada ruang kerja atau suatu perkantoran. Workstation computer
memiliki ciri yaitu terhubung dengan komputer lainnya dan di gunakan secara
bersama-sama. Jaringan yang ada pada komputer digunakan untuk sharing data,
sharing printer, mengirin data dan sebagainya. Jika terjadi kerusakan pada
komputer workstation maka komputer yang digunakan tidak dapat masuk dapat masuk
dalam jaringan sehingga tidak dapar berkomunikasi dengan komputer server maupun
komputer lain dalam jaringan tersebut.
3.
Computer
Portable (Laptop / Netbook)
Portable komputer adalah komputer yang mempunyai
ukuran kevil sehingga mudah dibawa atau dipindahkan dengan kemampuan yang lebih
canggih dan pawerfull. Teknologi pada komputer portable adalah pemadatan
komponen – komponen komputer sehingga berukuran sangat kecil. Adapun yang
termasuk dalam jenis komputer portable adalah laptop, notebook dan hanheld
computer. Laptop atau notebook dikenal juga dengan komputer jinjing, ukurannya
cukup kecil dan muat dimasukkan dalam tas. Sumber daya pada pada laptop atau
notebook berasal dari battery yang dapat dicash ketika sumber daya didalam
battery mulai habis. Laptop atau notebook dapat dihubungkan dengan modem
sehingga dapat mengakses LAN atau Internet.
4.
Handheld
Computer
Handheld computer adalah komputer yang berukuran sangat kecil sehingga
bisa digenggam. Handheld computer ini didesain untuk dapat diintegrasikan
dengan sistem deskrop, sehingga perangkat ini dapat dengan mudah menganbil data
dan dapat berkomunikasi lewat sambungan telepon.
2.4 Sistem
Komputer
Adalah
kumpulan dari elemen-elemen komputer (Hardware, software, brainware)
yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan
pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang
diharapkan.
2.5 Elemen-elemen
Sistem Komputer
Hardware à Perangkat Keras
(Monitor, CPU, Keyboard, dll)
Software à Perangkat Lunak
(OS Windows &
Linux, Bahasa Pemrograman Pascal, Microsoft Office, dll)
Brainware à manusia yang mengendalikan dan
mengoperasikan komputer.
2.6 Manfaat
Komputer
1.
Bidang
Pendidikan
Penggunaan
komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based
Education). Peranan komputer dalam pendidikan menurut Robert Taylor :
Tutor: sebagai
pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer
Tool: alat untuk
memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran dan untuk melakukan pengolahan
data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan,
beasiswa, dan sebagainya.
Tutee:.
berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog
dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Contoh: e-library, e-learning, teleconference.
2.
Bidang Industri dan Manufaktur
Komputer
digunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi,
misalnya:
-
CNC
(Computer Numerical Control) pengawasan numeric atau perhitungan.
-
CAM
(Computer Aided Manufacture) à
untuk merencanakan, mengatur, dan mengontrol kerja mesin.
-
CAD
(Computer Aided Design) à merancang
bentuk (desain) produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik.
-
Mesin-mesin
dalam industri garmen yang dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya
melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainya.
-
Robot
yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang
dikontrol oleh komputer.
3.
Bidang Bisnis dan Perbankan
Perdagangan
barang maupun jasa komputer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik,
maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.
-
Sistem
Informasi Manajemen (SIM)
-
Mesin cash register (mesin kasir) yang
dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh
pihak manajer
-
Scanning barcode kode barang dagangan, menghitung
rugi laba, inventori dan sebagainya.
-
Penghitungan
keuangan
dan bunga
-
Layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM
4.
Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan
yang sulit dan membutuhkan presisi
tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Misalnya:
-
Keperluan penelitian dan riset melalui simulasi dengan komputer
-
membuat model
reaktor nuklir
-
membuat model-model
atom dan molekul
-
mempelajari keadaan
struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur
telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan
ketelitian kerja pada ruang steril.
Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk
menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer
digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.
5.
Bidang Entertainment dan Games
Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan
animasi, periklanan, setting, bahkan untuk bermain musik.
Di bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk
permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang
menarik dan memberikan special efect.
6.
Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)
Segala sesuatu yang dibutuhkan tersedia pada internet
baik yang gratis maupun membayar. Dengan internet manusia bisa melakukan
komunikasi data teks, gambar, video, suara, bahkan komunikasi audiovisual
secara langsung.
Pengguna internet bisa mencari informasi apa saja yang
dibutuhkan.
Misalnya ; informasi berita, buku dan perpustakaan, kencan dan perjodohan,
belanja on-line, chatting, memutar radio, musik, bermain
games,saling menukar informasi dan data (mail), konsultasi, pooling,
periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain dari jarak jauh, pesan kamar
hotel, tiket pesawat, dan sebagainya.
2.7 Kemampuan Komputer
Kemampuan utama
yang dimiliki komputer adalah kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data dan
menghasilkan informasi. Kemampuan kapasitas penyimpanan data dalam memori atau
simpanan luar seperti harddisk.
Kecepatan mengirim data dalam format
apapun antar komputer dalam jaringan wilayah lokal, regional, maupun global.
2.8 Karakteristik Komputer
-Komputer tidak mempunyai perasaan atau emosi, sehingga
aktifitasnya akan bersifat statis.
-Komputer mampu menyimpan data yang besar dan dalam waktu yang lama,dan sifat data yang disimpan bersifat dinamis, dimana
sewaktu-aktu data dapat dilakukan perubahan dan pembaharuan jika dikehendaki.
-Komputer bisa melakukan pengurutan dan pencarian dalam waktu
yang singkat, secara menaik (ascending) atau menurun (descending)
dalam waktu sekejap.
-Komputer mampu mengolah data perhitungan yang besar dengan cepat dan
akurat. Perhitungan aritmatika, logika, dan perhitungan apapun bisa dilakukan
dengan presisi yang mendekati seratus persen kebenarannya.
-Komputer juga mampu menerima dan mengeluarkan data atau
informasi yang besar dalam waktu yang cepat.
2.9 Keterbatasan Komputer
Tidak bisa berpikir secara
dinamis, seperti manusia. manusia mendasarkan pada pikiran dan
perasaan (hati), sedangkan komputer hanya berdasarkan perhitungan saja. Pekerjaan
yang dilakukan komputer bisa mengurangi
tenaga kerja manusia, akibatnya banyak tenaga manusia yang tidak
terpakai, sehingga banyak timbul pengangguran. Data yang tersimpan dalam komputer memiliki resiko yang
lebih tinggi, karena dimungkinkan bisa diambil
atau disadap oleh pengguna lain (hacker), meskipun telah diberi
pelindung program atau password.
No comments:
Post a Comment