Heartless Background Teknik Informatika: POINTER Wavy Tail Heartless Background Heartless Background

Monday, February 25, 2019

POINTER


A. Pengertian Pointer 
     Pointer adalah sebuah variabel yang berisi alamat lain. Suatu pointer dimaksudkan untuk menunjukan ke suatu alamat memori sehingga alamat dari suatu variabel dapat diketahui dengan mudah. 
Intinya :

-  Pointer adalah suatu variabel yang menunjuk ke alamat memory variabel yang lainnya.
-  Variabel pointer berisi suatu(alokasi memory). 
B. Alamat Dari Variabel
Misalkan kamu memiliki variabel x dan terletak di memori 0x000001. Jika kamu ingin memasukkan nilai 100 kedalam variabel x, maka processor harus membawa nilai 100 tersebut kedalam variabel x yang terletak di alamat memori 0x000001. Hal yang perlu kamu ketahui adalah, setiap variabel ternyata memiliki ukuran byte yang berbeda-beda dalam memori. Sebagai contoh suatu variabel bertipe int memiliki ukuran 4 byte dalam memori. Maka variabel tersebut akan menempati 4 kapling lokasi dalam memori, misalkan 0x000001, 0x000002, 0x000003, dan 0x000004. Jika terdapat dua buah variabel bertipe int yang bersebelahan, maka alamat variabel pertama terletak di 0x000001 dan variabel kedua terletak dialamat 0x000005.
Memori menggunakan bilangan heksadesimal yang ditandai dengan awalan ‘0x’, sehingga jika suatu variabel menempati blok kesepuluh dalam memori, maka alamatnya adalah 0x00000a

C. Fungsi Pointer  
Kegunaan pointer yang utama adalah untuk menyimpan alamat memori dari sebuah variabel dan alamat 
dari sebuah fungsi. Pointer dapat meningkatkan kinerja untuk operasi yang dilakukan secara berulang. 

D. Operator Pointer  
Ada 2 operator pointer yang dikenal secara luas, yaitu operator “&” dan operator “*”.  
a.  Operator &   
Operator  &  merupakan  operator  alamat.  Pada  saat  pendeklarasian  variabel,    user  tidak 
diharuskan  menentukan  lokasi  sesungguhnya  pada  memory,  hal  ini  akan  dilakukan  secara 
otomatis oleh kompiler dan operating sysem pada saat run-time.   
Jika ingin mengetahui dimana suatu variabel akan disimpan, dapat dilakukan dengan  memberikan 
tanda ampersand (&) didepan variable , yang berarti "address of". 
Contoh : 
Misalkan variabel DATA_1 diletakkan pada alamat memory 1770, kemudian dituliskan instruksi 
sbb :  
         DATA_1 = 27;     à Variabel DATA_1 berisi data 27 
         DATA_2 = DATA_1;   à Variabel DATA_2 diberi isi seperti DATA_1, yaitu 27 
         DATA_3 = &DATA_1;   à Variabel DATA_3 berisi alamat memory DATA_1, yaitu 1770 

b.  Operator *  
Operator * merupakan operator reference. Dengan menggunakan pointer,kita dapat mengakses 
nilai  yang  tersimpan  secara  langsung  dengan  memberikan  awalan  operator  asterisk  (*)  pada 
identifier pointer, yang berarti "value pointed by". 

Contoh : 
Melanjutkan deklarasi sebelumnya, jika ada penulisan variabel berikut 
DATA_4 = *DATA_3 
Dapat dikatakan bahwa DATA_4 sama dengan nilai yang ditunjuk oleh DATA_3.  
DATA_3 berisi alamat memory 1770, sementara memory 1770 menampung data bernilai 27. 
Jadi DATA_4 berisi nilai yang berada pada alamat 1770, yaitu 27. 

E. Contoh Penerapan Program 





SS Program :
















referensi : http://laraswahyu.blogspot.com/2017/05/pointer-dalam-bahasa-c-pengertian.html
https://www.sinauarduino.com/artikel/pointer-pada-pemrograman-cpp/


No comments:

Post a Comment

KONFIGURASI IP ADDRESS CLEAROS

A ssallamualaikum Wr. Wb. Hay Sobat semua, jumpa kembali dengan saya, disini saya akan berbagi tentang konfigurasi Database Server C...